Jumat, 13 April 2012

Toefl

TOEFL atau Test of English as a foreign Languange. TOEFL adalah standardisasi kemampuan bahasa inggris seseorang secara tertulis yang meliputi empat aspek penguasaan: Listening, Writing dan Reading. 

Tujuan Toefl 
Dilihat secara akademik dan umum 
1. Untuk tujuan pendidikan, penelitian atau yang berhubungan dengan kegiatan akademis di luar negeri, ataupun di Indonesia
2. Tujuan umum (general) pada umumnya digunakan dalam bidang pekerjaan, kenaikan pangkat atau tugas kerja.


Struktur TOEFL
Ada tiga bagian tes TOEFL yang harus dikerjakan oleh peserta. Bagian pertama adalah soal-soal yang mengukur kemampuan Listening Comprehension (50 soal), Structure & Written Expression (40 soal), dan Reading Comprehension (50 soal). Keseluruhan soal dibuat dalam bentuk pilihan berganda. Keseluruhan tes berlangsung kurang lebih 150 menit, untuk Paper Based TOEFL, dan kurang lebih 240 menit untuk Computer Based TOEFL.


Beberapa Skill pada Toefl yaitu:
DIALOG PENDEK
SKILL 1: RESTATEMENT (Pernyataan Kembali)
Seringkali jawaban yang benar untuk sebuah pertanyaan dalam bagian dialog pendek adalah jawaban yang berisi penyajian kembali ide-ide dalam baris terakhir dari dialog. 

Example:
On the recording, you hear:
(Woman) Steve, is something the matter? You don’t look very good
(Man) Oh, I’m feeling a little sick today
(Narrator) What does the man mean? 

In your test book you read:
(A) Hes very good looking
(B) He’s a bit ill
(C) He looks worse than he feels
(D) His feet are a little thick 


Skill 2: NEGATIVES (Pernyataan Negatif)
Pernyataan negatif seringkali digunakan dalam dialog singkat. Respon yang paling umum respon untuk pernyataan negatif adalah pernyataan positif yang mengandung sebuah kata dengan arti yang berlawanan.
Jawaban yang benar adalah jawaban (A). Jika tidak tenang di perpustakaan, berarti berisik. Perhatikan bahwa jawaban yang benar menggunakan berisik, kebalikan dari tenang.
Garisbawahi ungkapan negatif di baris terakhir dari setiap dialog singkat. Ingat bahwa jawaban yang paling tepat adalah yang menggunakan makna berlawanan.

1. (woman) You made so many mistakes in this homework
(man) I wasn’t very careful
(narrator) What does the man mean?
(A) He was rather careless
(B) He does not care about mistakes
(C) He took care of the work at home
(D) He did not carry the work home

2. (man) Is there a lot of soup? I’m kind of hungry
(woman) Sorry, there’s not a lot
(narrator) What does the woman mean?
(A) There‟s not very much soap

Example:
On the recording, you hear:
(woman) Did you get a lot of work done at the library today?
(man) I couldn’t. It wasn’t very quiet there
(narrator) What does the man mean?
In your test book, you read:

(A) The library was noisy
(B) He got a lot done
(C) He couldn‟t quite get to the library today
(D) The library‟s a good place to work because it‟s quite 





Skill 3: SUGGESTIONS (Saran)
Saran juga sangat umum digunakan dalam dialog singkat, perhatikan contoh dibawah.
Dalam contoh ini, ekspresi “why not” merupakan contoh saran, jadi saran si wanita adalah untuk memanggil mereka. Ini berarti bahwa si wanita itu menyarankan menelepon keluarganya. Sehingga jawaban terbaik adalah (D).
Garisbawahi ekspresi saran di setiap dialog singkat berikut. Kemudian, pilih jawaban terbaik untuk pertanyaan itu. Ingat bahwa jawaban terbaik adalah yang memberikan saran.


1. (man) The weather’s so beautiful today
(woman) Let’s walk to school instead of driving
(narrator) What does the woman suggest?
(A) Taking the car to school
(B) Taking a walk instead of going to school
(C) Going for a drive in the beautiful weather
(D) Going to class on foot


2. (woman) I have never enough spending money
(man) Why not get a part-time job?
(narrator) What does the man suggest?
Example:
On the recording, you hear:
(man) I haven’t talked with my parents in a while
(woman) Why don’t you call them now?
(narrator) What does the woman suggest?
In your test book, you read:
(A) Calling off his visit
(B) Talking about his parents
(C) Calling his parents in a while
(D) Phoning his family



Skill 4: PASSIVE
Kadang-kadang sulit untuk mengerti siapa atau apa yang melakukan tindakan dalam kalimat pasif. Masalah ini sering diujikan dalam dialog singkat.
Dalam dialog ini, si wanita menggunakan ide aktif, “kami baru saja membelinya (kursi)”. Jawaban yang benar untuk menggunakan gagasan pasif adalah “kursi itu dibeli”. Sehingga, jawaban terbaik untuk pertanyaan di atas adalah (C).
Baca dialog singkat dan garisbawahi pernyataan aktif atau pasif yang ada. Kemudian baca pertanyaan dibawah dan pilih jawaban terbaik untuk pertanyaan itu. Pastikan Anda memahami siapa yang melakukan tindakan dalam kalimat pasif.
1. (man) what happened to your notebook?
(woman) I left it in the cafetaria
(narrator) What does the woman imply?
(A) The cafetaria is to the left
(B) She left a note on the cafetaria door
(C) She took some notes in the cafetaria
(D) The notebook was left in the cafetaria
Example:
On the recording, you hear:
(man) Is that a new chair?
(woman) Yes, we just bought it last night
(Narrator) What does the woman mean?
In this test book, you read:
(A) She brought the chair with her
(B) The chair was lost for a week
(C) The chair was purchased recently
(D) She bought the last chair from the store





Keduanya sering digunakan dalam dialog singkat dengan tujuan menarik semacam kesimpulan. Dalam hal ini jawabannya tidak jelas dinyatakan, melainkan harus dapat disimpulkan berdasarkan klausa yang diberikan dalam dialog. Salah satu jenis kesimpulan yang umum di bagian tes ini adalah meminta Anda untuk menentukan siapa pembicara itu, berdasarkan clause dalam dialog.
Petunjuk piano dan bernyanyi dalam percakapan menggiring kita pada kesimpulan bahwa wanita itu seorang musisi sehingga (D) adalah jawaban yang benar.
Example 1:
On the recording, you hear:
(man) What do you do during your performance?
(woman) I play the piano and sing
(narrator) Who is the woman most likely to be?



In your test book, you hear:
(A) An athlete
(B) A member of the audience
(C) A clerk in a music store
(D) A musician 



sumber: http://cilad.unissula.ac.id/download/ModuleTOEFL.pdf

Tidak ada komentar: